Hasil Try Out (TO) SD SeKota Batam Hasil Matematika Jeblok


BATAM (SP) - Ujian Sekolah (US) untuk SD semakin dekat. Dari hasil  pemantapan dan Try Out (TO) yang diupayakan masing-masing sekolah kepada siswa kelas 6 hingga sekarang, selasa (5/4) masih belum memuaskan dalam hal nilai, terutama bidang studi matematika yang banyak diantara sekolah jeblok.

Hasil Try Out (TO) SD se kota batam telah dikeluarkan senin (4/4) kemarin. Dengan penyelenggara dari Smart Diagnostic (Smect) dari total sekolah dasar se kota Batam sebanyak 304 sekolah dan siswa kelas 6 sebanyak 19.048 anak, terangkum 10 besar yang mendapat nilai rata-rata tertinggi, baik siswa maupun sekolah. Untuk siswa, yang mendapat peringkat 3 besar nilai tertinggi hasil TO Kota antara lain ranking 1, Fatimah Az Zahra SDS Islam Nabilah Batam Kota dengan nilai 29,35, ranking 2, De Sepherd GWS SDS El Sadai dengan nilai 29,35, dan ranking 3 Sola Gratia SDS Harapan Bangsa dengan nilai 29,15. Peringkat 4 hingga 10 antara lain Putri Mian Yolanda SDS Harapan Bangsa, Andreas Heryanto SDS Kristen Basic, Gary Big Sam SDS Advent lubuk baja, Kezia Grace Marbun SDS Kristen Tabqha, Andry Junianto SDS Matreyawira, Yuan Godwin Harefa dan Yoel Klamedia dari SDS El Sadai. Sedangkan daftar sekolah yang masuk peringkat 10 besar antara lain SDS El Sadai, SDS Kristen Tabqha, SD St. Andrew, SDS Islam Nabilah, SDN 05 Sekupang, SDS Kristen Kalam Kudus 2, SDIT Kartika Batam Kota, SDS Theresia Batu aji, SDIT At Taubah Batu aji, dan SDS Apolos Sei Beduk.

Untuk perolehan nilai yang termasuk 3 besar tertinggi, ranking 1, SDS El Sadai Batam Kota, untuk nilai bahasa indonesia mendapat nilai 8,88, matematika dengan nilai 9,08, IPA dengan nilai 8,68 dan total nilai 26,64. Ranking 2, SDS Kristen Tabqha, nilai bahasa indonesia 8,58, matematika 8,83, IPA 8,82 dengan total nilai 26,23. Ranking 3, SD St. Andrew, nilai bahasa indonesia 8,33, matematika 9,25, IPA 7,83 dan total nilai 25,41.

Ditanya komentar dari kepala sekolah SDN 01 Batam Kota, Sarino yang dari hasil TO kota tersebut mendapat peringkat ke 71 dengan total nilai 20,92, dengan perincian nilai bahasa indonesia 7,82, matematika 5,67 dan IPA 7,43 mengatakan bahwa untuk matematika memang masih perlu gemblengan lagi kepada siswanya guna menggenjot nilainya. "Kita maaih upayakan pemantapan terus khususnya matematika hingga awal mei nanti. Kalau kita pemantapan setiap hari senin hingga rabu pukul 13.30 sampai 15.00. Kalau ditilik dari nilai KKM acuan nasional dari 3 bidang studi yang diujikan yaitu 2,66 untuk kurikulum 2013,  memang kita masih diatas rata-rata, namun dari masing-masing sekolah mempunyai standar KKM diatas nilai itu, tentunya kami inginkan lebih baik dari hasil yang sudah keluar saat ini," tegas Sarino. Tambahnya lagi dia berharap agar soal US nantinya tak sesulit yang ada di Try Out. "Hasil TO ini bisa jadi ajang shock therapy bagi siswa, agar lebih menggenjot belajarnya sehingga nanti US mendapat hasil yang memuaskan,"harapnya.


Di tempat terpisah, kepala sekolah SDN 02 Lubuk Baja saat dimintai komentarnya tentang hasil TO kota di sekolahnya yang mana siswanya mencapai peringkat 44 dengan perincian nilai bahasa indonesia 7,73, matematika 5,81, dan IPA 8,05 dengan total nilai sebesar 21,59 mengatakan bahwa sekolah akan tetap mengupayakan pemantapan dan mendedomani hasil analisis TO. "Saya akan mendiskusikannya dengan para guru yang bertanggungjawab dengan kelas 6 untuk menentukan langkah terbaik bagi siswa, dan saya juga akan langsung ikut mengajar matematika di kelas 6, juga menambah jam matematika,IPA dan bahasa indonesia mulai sekarang dan mengurangi jam pelajaran TIK, penjaskes dan muatan lokal,"tandasnya.(dian)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Ads Inside Post