Rabu, 20 Juli 2016

Penutupan MPLS SDN 02 Lubuk Baja dan SMA Kartini Batam



BATAM (SP) - MPLS, rabu (20/7) untuk peserta didik baru resmi ditutup. Di SDN 02 lubuk baja, dimana siswa kelas 1 berjumlah 62 siswa, saat penutupan pihak sekolah menyampaikan informasi kepada orang tua siswa boleh menemani putra putrinya di kelas selama KBM berlangsung yang mulai efektif hari kamis (21/7) hingga hari sabtu (23/7). "Selama MPLS siswa kelas 1 masuk pukul 07.00-11.00, kelas 2-3 masuk siang pukul 13.00, dan kelas 4-6 masuk pagi pukul 07.00-12.30, dan selama MPLS hingga nanti sabtu orang tua siswa kelas 1 masih boleh menemani putra putrinya di dalam kelas, namun untuk senin (25/7) depan efektif KBM fix orang tua tak boleh menemani lagi,"kata zulfuaida dan herlina susilawati, guru kelas 1 saat ditemui suarapendidikan. Dan lanjut Zulfuaida, hari senin MPLS diisi kegiatan halal bi halal dan pembagian kelas bagi semua kelas, PBB, perkenalan diri, senam permainan, bapak bianto dan bapak wisnu sebagai pengisi materi MPLS memberikan materi agama, mengenalkan kepramukaan, pengenalan lingkungan sekolah, perkenalan ke guru, penyampaian tata tertib sekolah, dan pengajaran sopan santun. "Hari kamis (21/7) sudah efektif KBM, namun senin (25/7) depan baru betul-betul fix KBM dan jadwal pelajaran siap,"imbuhnya.
Kepsek SDN 02 Lubuk Baja, Indrawadhi menambahkan di sekolahnya mempunyai Program calistung 3 bulan. "anak kelas 1 harus bisa baca tulis berhitung, oleh karenanya pulang sampai pukul 12.30 selama KBM berlangsung,"ujarnya.

Sementara di SMA Kartini batam, MPLS juga dilaksanakan selama 3 hari yaitu senin (18/7) hingga rabu (20/7) pukul 07.00-14.00. Dra. Hj. Retno winaryanti, kepsek SMA Kartini Batam mengatakan penutupan MPLS dilaksanakan selepas dhuhur dan setelahnya diisi dengan latihan para siswa dari kelas X hingga XII untuk acara pentas seni yang akan digelar hari sabtu (23/7) di Mega Mall Batam Centre. "Hari senin pemberian materi MPLS  dilakukan narasumber dari sabhara, budi pekerti dari sekolah, lalu selasa narasumber dari orangtua karir yang sharing ke siswa tentang kesuksesan mereka di 5 gugus, lalu hari rabu ini ada 3 narasumber yang mengisi yaitu dari BNN kota batam, polresta barelang dan BKKBN. Untuk Kamis dan jumat, pengenalan ekskul wajib PMR  yang akan diisi oleh KSR PMI kota batam dan pramuka yang dilakukan oleh kwarcab kota batam,  sabtu pentas seni dari pukul 10.00-21.00 di mega mall yang dilakukan siswa dari kelas X-XII, untuk atribut tidak ada yang aneh-aneh hanya bet nama di dada dan penyematan bet nama dan topi sekolah di hari pertama MPLS, "ucap Retno.

MPLS murni dilakukan oleh 34 orang guru SMA Kartini. "tahun ini SMA kartini mendapat mandat sebagai SMA rujukan, yaitu sekolah dengan kegiatan yang positif sehingga mengimbas ke sekolah lain. Ekskul di SMA Kartini sebanyak 32 dan rekrut ekskul sudah dilakukan di hari pertama dan kedua MPLS. Siswa kelas X berjumlah 132 siswa dan masih membuka penerimaan siswa baru hingga 160 siswa dan MPLS di SMA kartini lebih lambat digelar karena siswa pada ijin mudik,"ulasnya.

Ditempat yang sama sekretaris MPLS SMA Kartini Muhammad Darwin menambahkan dari tahun ke tahun kegiatan MPLS tidak ada yang berhubungan dengan  fisik. " semua kegiatan diisi dengan hal yang bersifat edukatif, sanksi bagi siswa yang melakukan kesalahan adalah menyanyi lagu kebangsaan atau membaca surat pendek Al Quran."ujar Darwin.
Retno berharap dengan MPLS, siswa dapat mengetahui dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. "Serta siswa kelas X diharapkan bisa langsung membaur dengan kakak kelas dan guru serta cepat menyesuaikan diri dalam proses KBM di sekolah yang akan efektif senin depan,"tutupnya.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post