Rabu, 04 November 2015

Kangkung hasil Kreasi siswa-siswi kelas V A SD Negeri 006 Sagulung




Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.
Ada dua jenis penanaman diusahakan: kering dan basah. Dalam keduanyasejumlah besar bahan organik (kompos) dan air diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Dalam penanaman kering, kangkung ditanam pada jarak 5 inci pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga. Kangkung dapat ditanam dari biji benih atau keratan akar. Ia sering ditanam pada semaian sebelum dipindahkan di kebun. Daun kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ia ditanam.
Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas V A SD Negeri 006 Sagulung rasa ingin bercocok tanam begitu besar walaupun dengan keterbatasan lahan mereka tetap bersemangat terutama menanam kangkung. Ada 2 jenis media tanam yang di gunakan yang pertama menggunakan media tanah dan kedua menggunakan media air.
Berdasarkan analisis mereka didapati kangkung yang ditanam di media tanah dengan media air  tidak jauh beda cara pertumbuhanya tergantung bagaimana cara merawatnya saja, namun kata zalfa ketua koordinator kebun kangkung kelas V A kangkung yang ditanam dengan menggunakan Media air lebih lembut dan bersih.

Kegiatan menanam kangkung disekolah walaupun dengan keterbatasan lahan sangat berguna bagi anak-anak zaman sekarang apalagi dengan sistim kurikulum 2013 siswa dan siswi dituntut untuk lebih aktif dan kreatif lagi. Kreatifitas yang dilakukan siswa-siswi kelas V A mendapat dukungan bukan hanya dari wali kelasnya tapi dari semua guru-guru dan kepala sekolah SD Negeri 006 Sagulung.Semoga dengan ilmu bercocok tanam ini bisa berguna bagi dirinya sendiri karana didalam terkandung unsur yang dapat ditanamkan yaitu rasa tanggung jawab, rasa mencintai tanaman serta bekerja sama.suarapendidikankotabatam@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post