Jumat, 18 Maret 2016

Hargailah Profesi sebagai Operator Sekolah Dapodik

Selamat Sore Para Pembaca Blog Gubug Guru, semoga senantiasa selalu dalam keadaan sehat. Amin.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba mengangkat tema Operator Sekolah Dapodik, yang saya beri judul "Hargailah Profesi sebagai Operator Sekolah Dapodik".


Saya memberanikan diri untuk mengangkat tema ini, karena ternyata masih ada saja para PTK bahkan petinggi dinas, yang menyalahkan para Operator Sekolah Dapodik.

Semoga salah satu dari sekian juta rakyat Indonesia membaca tulisan saya ini. 

Operator Sekolah Dapodik bekerja siang, malam, pagi, sore, bahkan sampai di alam mimpipun saya rasa masih bekerja. Karena dihantui oleh berbagai permasalahan Dapodik. 

Belum lagi karena permasalahan dapodik, ditambah oleh para PTK yang masing-masing punya sikap yang unik untuk menyikapi permasalahan tersebut.

Dengan cara bagaimana kita menghargai jasa operator sekolah dapodik, pasti setiap daerah memiliki cara yang berbeda-beda.
Baca Juga : SK Penugasan Pengelola Verval GTK Tahun 2016

PTK memang berhak bertanya kepada operator dapodik, mereka juga berhak untuk mengawasi kerja operator dapodik. Namun perlu digaris bawahi bahwa PTK sangat tidak baik jika harus mengHAKIMI operator dapodik. Ingatlah bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya. Positif tingkinglah..

Berikut saya paparkan beberapa Cara menghargai profesi sebagai operator Dapodik.
  • Bertanyalah dengan sopan dan dengan cara yang santun,
  • Kesalahan tidak mutlak pada operator sekolah, jadi jika ada salah, silahkan konfirmasi dengan operator sekolah, jangan langsung menghakimi operator sekolah,
  • Ketika ternayata jawaban operator sekolah tidak memuaskan, sahabat bisa tanya ke Dinas terkait yang mengurusi dapodik, tentunya jangan sampai menjelek-jelekkan operator sekolah.
  • Saya percaya Bapak Ibu PTK adalah seorang guru yang berpendidikan, lakukan cara menghargai profesi sebagai operator dapodik selayaknya Bapak Ibu PTK adalah seorang Pendidik, bukan Pengajar.
  • Yang Terakhir adalah Honor. Berikanlah Honor yang sudah diatur dalam Juknis BOS 2016. Karena honor operator juga sudah diatur dalam Juknis BOS 2016. Saya taruh honor di akhir paparan karena, saya yakin para operator tidak terlalu mengharapkan Honor yang berlebihan, yang paling penting adalah silahkan Para PTK sopan dan santunnya. Honor kan sudah diatur di JUKNIS BOS 2016, jadi jangan khawatir. Jika ada Bendahara sekolah yang tidak mengeluarkan, biar saja urusan dengan BPK atau Dinas Terkait.
  • Pesan buat Operator Sekolah Dapodik, silahkan jangan pantang menyerah, tingkatkan kerja sahabat dengan data  yang berkualitas. Dan selalu mohon para YME agar selalu diberikan kekuatan dalam menghadapi masalah yang ada. Amin.
Demikian Hargailah Profesi sebagai Operator Sekolah Dapodik pada postingan kali ini. Mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan dan semoga kita jadi pribadi yang lebih mendidik.

Marilah jadi pendidik yang berbudi luhur. Sekali lagi ingatlah bahwa kita adalah PENDIDIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post