Kamis, 09 Juni 2016

Pesantren kilat SDN 04 dan 06 Sei Beduk



BATAM (SP) - Serempak hari rabu (8/6) hingga jumat (10/6) pesantren kilat SD dimulai. Di SDN 04 Sei Beduk dimulai pukul 08.00-12.00. Untuk awal kegiatan pesantren dibuka dengan shalat dhuha berjamaah di musholla Al Barokah Sei Beduk, diikuti siswa kelas 4 dan 5 sebanyak 160 siswa dan dipimpin oleh ketua pelaksana pesantren kilat Abdul Qodir, SPdI.
"Selama 3 hari pesantren dilaksanakan materi yang akan diberikan selain shalat dhuha adalah tadarus, fiqh puasa, dan aqidah akhlak yang akan diberikan oleh 20 guru pembimbing secara bergantian,"kata Ismarak, Kepala sekolah SDN 04 Sei Beduk kepada suarapendidikan.
Materi ceramah hari pertama pesantren setelah shalat dhuha diisi dengan kultum dengan materi kasih sayang kepada sesama makhluk Allah dan pemberitahuan jumlah rakaat tarawih di mekkah pada jaman Rasulullah SAW yang disampaikan oleh ust. Abdul Qodir. Ia menyampaikan bahwa sebagai makhluk Allah, kita wajib pula menyayangi sesama makhluk Allah yang lain seperti hewan dan tanaman. " dulu pada jaman Rasulullah, shalat tarawih dalam 1 rakaat nya Rasulullah membaca 5 juz surat baru ruku, rakaat pun hingga berlangsung sebanyak 40 rakaat, jaman sekarang tentunya berat bagi kita melaksanakan rakaat begitu banyak, oleh karenanya oleh Rasulullah dikatakan boleh dilakukan minimal 3 rakaat, jadi kalian tak perlu bingung lagi berapa minimal rakaat shalat tarawih yang diperbolehkan," kata Qodir.
Hasanan muntiani, SpdI, selaku guru pembimbing yang juga bertugas mengawasi pesantren hari pertama saat itu mengatakan usai pesantren nanti siswa diminta untuk membuat suatu tulisan berupa ringkasan hasil dari pesantren dan menjadi penilaian pelajaran agama. "Sehingga kita tahu apa yang diserap oleh siswa selama pesantren berlangsung," imbuhnya.
Sementara itu di SDN 06 Sei Beduk, pesantren kilat hari pertama diikuti oleh 399 siswa kelas 4 dan 5. "Untuk yang non muslim, kegiatan budi pekerti diadakan dengan kegiatan berbeda dan diikuti oleh 109 siswa. Materi ceramah hari pertama pesantren adalah pengertian puasa dan kuis seputar ramadhan, dan tadi ceramah diisi oleh Hasan Bisri dan Henri Hatoguan,"tutup Raja Asriani, kepala sekolah SDN 06 Sei Beduk.(dian)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post