Minggu, 31 Juli 2016

Struktur kurikulum tahun ajaran baru smk MHS 2016-2017



BATAM (SP) - SMK Multistudi Highschool (MHS) telah memulai KBM nya sejak jumat (22/7) dan jadwal pelajaran sudah siap sejak sebelum PLS digelar yaitu senin (18/7). Namun pembagian kelas dan wali kelas baru siap senin (25/7) kemarin. Dan selama seminggu setelahnya KBM sudah efektif dilaksanakan 100%.
Nico R. Tambunan, waka kurikulum SMK MHS saat ditanyai tentang program pembelajaran siswa mengatakan menghadapi tahun ajaran baru 2016-2017 ini, dia memberikan struktur kurikulum yang berlaku untuk semua kelas per jurusan hingga 3 tahun kedepan.
" Materi pembelajaran mengikuti struktur kurikulum masing-masing program keahlian 3 jurusan. Adapun pembagian struktur dibagi dalam kelompok a, b, dan c (peminatan), peminatan sesuai dengan program keahlian masing-masing. Kelompok c dibagi 3 bagian, c1 tentang dasar bidang keahlian, c2 tentang dasar program keahlian, c3 tentang paket keahlian. c1 dan c2 materi masuk di kelas X dan XI, sedangkan c3 materi masuk di kelas XI dan XII. Struktur baru kita ada materi baru, pengembangan produk kreatif, tujuan/goal dari program keahlian ini bisa membuat produk sesuai dengan program keahlian masing-masing, dan seminggu pertama siswa kelas XI dan XII masih mereview materi kelas sebelumnya, para guru menjelaskan tujuan pembelajaran masing-masing mapel, sedang untuk kelas X pengenalan materi sesuai dengan program masing-masing, struktur kurikulum ini ini berlaku hingga 3 tahun kedepan,"papar Nico kepada suarapendidikan sabtu (30/7).
Lanjut nico, untuk Kelompok a dan b berlaku untuk semua program keahlian. " dimana terdiri dari 9 mapel kelompok a antara lain agama, PKN, bahasa indonesia, matematika, sejarah indonesia, dan bahasa inggris, lalu kelompok b antara lain Seni budaya, kewirausahaan, pendidikan jasmani.
Tiap kelas jumlah jam pembelajarannya seminggunya 49 jam, untuk buku pelajaran program keahlian, kebutuhan buku siswa terlengkapi di perpustakaan sekolah (bertajuk synergi)," ulasnya.
25 juli -25 agustus mendatang ada program remedial untuk kelas XI dan XII yang belum tuntas pada semester sebelumnya. "program remedial ini dilakukan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Pada saat PLS kemarin juga diberlakukan tes bagi peserta didik baru untuk mengetahui kemampuan awal siswa yang mana untuk memetakan kemampuan akademik awal siswa X. Prosentase pembelajaran antara teori dan praktek 30-70. Nanti untuk Kelas XI semester 4 mulai pelaksanaan prakerin, dan  persiapan prakerin akan mulai dilaksanakan bulan november mendatang,"tutup nico.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post