Senin, 22 Agustus 2016

Imunisasi Rutin SDN 02 Lubuk Baja


BATAM (SP) - Merealisasi program wajib pemerintah untuk imunisasi khususnya bagi siswa kelas 1 SD, senin (22/8) pukul 08.00 SDN 02 Lubuk Baja didatangi 3 tim dokter dan 4 mantri dari puskesmas kecamatan lubuk baja untuk memberikan imunisasi bias campak kepada siswa 63 kelas 1 SD, sekaligus inspeksi kesehatan lingkungan seperti pemantauan kebersihan sekolah, kantin, toilet, halaman sekolah, kelas, serta pemeriksaan garam yodium bagi siswa kelas 5.

Saat dikonfirmasi suarapendidikan, Pitrawati, guru pembina UKS mengatakan siswa kelas 1 yang tidak mendapatkan imunisasi hari itu ada 2 orang siswa. "Yang satu sudah di campak, satu lagi sudah lengkap imunisasinya. Bulan oktober mendatang akan ada imunisasi lagi serta pemeriksaan cacing untuk siswa kelas 4-6. Tadi ada pengarahan dari dokter lepas imunisasi, siswa yang mendapatkan imunisasi hari itu diharapkan tidak boleh main diluar yang bercuaca panas, bila ada ruam dibekas injeksi segera dikompres dengan air hangat, dan bila ada efek yang timbul lebih besar, pihak sekolah harus menghubungi puskesmas untuk tindak lanjut, namun kalau untuk campak biasanya tidak akan ada efek samping apapun pada anak,"kata Pitra.

Dan kepada 111 siswa kelas 5, oleh pihak sekolah diminta membawa garam yang mereka konsumsi sehari-hari di rumah untuk di uji apakah mengandung yodium atau tidak. " Garam yang dikonsumsi siswa hari-hari apakah sudah mengandung cukup yodium atau tidak, maka siswa diminta membawa garam yang mereka konsumsi dirumah, dan hasilnya garam yang dibawa siswa 100% beryodium semua. Garam yang sudah diuji diberi label (+) menyatakan bahwa garam tersebut mengandung yodium. Perlu diketahui bahwa garam yang tidak beryodium itu bentuknya kasar, tidak bermerk dan dijual di sembarang tempat. Mengkonsumsi garam yang tidak beryodium berdampak timbul penyakit gondok, gangguan janin pada ibu hamil, dan kelemahan kecerdasan otak pada anak, maka dari dokter tadi disarankan kepada siswa agar senantiasa mengkonsumsi garam beryodium di keseharian menu makanan mereka,"ulas Pitra.

Terakhir indrawadhi, kepsek SDN 02 Lubuk Baja mengulas tentang imunisasi bahwa hal ini merupakan rutin tahunan sekolah bekerjasama dengan Dinas kesehatan untuk memberikan imunisasi kepada siswa khususnya kelas 1 SD. "Jadi ini sudah merupakan program wajib pemerintah, imunisasi campak tak ada efek samping, hanya saja agar jangan diberikan kepada anak yang sedang demam atau kurang fit,"ujarnya.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post