Selasa, 23 Agustus 2016

Imunisasi rutin SDN 07 Lubuk baja dan Bengkong


BATAM (SP) - Jadwal pemberian program imunisasi gratis kepada siswa kelas 1 SD hari ini, selasa (23/8) jatuh pada SDN 07 Lubuk baja untuk wilayah kecamatan tersebut. Pukul 09.00, 4 mantri dan 1 dokter dari puskesmas lubuk baja datang untuk mengimunisasi 138 siswa kelas 1 SDN 07 Lubuk baja sekaligus mengecek kebersihan sekolah, suhu ruangan kelas, kantin, toilet, perpustakaan, dan ruang UKS. Dikonfirmasi suarapendidikan kepada 4 guru yang menangani siswa saat diimunisasi, Anizar, Emilia, Rina dan Warinah, mengatakan cukup dibuat sibuk mengatasi banyaknya siswa yang ketakutan disuntik. "Total 21 siswa yang belum disuntik hari ini, ada yang absen tak masuk sekolah, ada yang sedang demam dan flu, ada yang sudah diimunisasi sebelumnya di lingkungan siswa tinggal, dan kebanyakan yang tak mau disuntik karena takut, kita sebelumnya sudah menyurati orang tua siswa, ada yang setuju anaknya diimunisasi ada yang tidak, ada juga tadi siswa yang sedang demam, namun tetap diimunisasi karena dirasa tak ada efek sampingnya," ungkap Warinah diamini guru yang lain.
Untuk imunisasi kali ini yang diberikan bias campak. "Untuk imunisasi yang lain masih belum ada konfirmasi lagi dari pihak puskesmas. Sewaktu mengecek sekolah, mereka mengatakan bahwa jarak duduk siswa dengan papan tulis sudah pas, dan mereka memberikan pengarahan agar menambah wastafel dan kebersihan harus lebih ditingkatkan,"imbuh emilia.
Sedangkan di SDN 07 Bengkong, Imunisasi rutin sudah diberikan minggu lalu, yaitu senin (15/8) dan selasa (16/8), pukul 08.00, dari puskesmas tanjung buntung. Untuk hari senin yang hadir 3 mantri, sedangkan selasa 1 mantri 2 dokter. " Bias campak diberikan kepada siswa kelas 1 di hari senin, sedangkan selasa jadwal penjaringan (memeriksa kondisi tubuh anak yang lain, terutama gigi, mulut, telinga, dan kuku). Untuk kelas 2 dan 3 imunisasi diberikan bulan september mendatang yaitu  tetanus dekteri. Dari jumlah siswa kelas 1 yang total berjumlah 108 siswa, 1 siswa tidak berhasil diinjeksi, sedangkan yang absen 10 siswa, dan arahan dari puskesmas usai imunisasi bila terjadi ruam, agar dikompres dengan air hangat," ujar Lili, wali kelas 1 gamblang.(dian)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post