Senin, 18 April 2016

SMPN 4 Batam, Borong Prestasi di Kepramukaan dan mengirim perwakilan Jambore Nasional 2016


BATAM (SP) - Tak tanggung-tanggung, 3 prestasi kepramukaan diborong oleh siswa siswi SMPN 4 Batam, mulai dari juara umum Lomba Lintas Gudep (LLG) piala bergilir 2014/2015 hingga menjadi perwakilan Jambore Nasional 14 agustus mendatang ke cibubur Jakarta, juara 1 putra dan putri penggalang SMP Persami Akbar Persaudaraan ke 3 Kwarran Batu Ampar 2016. Sulton Naufal kelas 8F dan Rosia Banjar Nahor kelas 8D, jawara pertama dari masing-masing regunya putra dan putri penggalang SMP Persami Akbar persaudaraan ke 3 kwarran batu ampar yang kemarin sabtu (16/4) dan minggu (17/4) dilaksanakan di Buper Lanal Batam, sedangkan Elma sabrina dan Steven Hagai dari kelas 8A yang berhasil meraih juara umum LLG piala bergilir 2014/2015 menjadi perwakilan Jambore Nasional 14 Agustus mendatang di Jakarta.
Saat ditemui di sekolah, Elma kelahiran 22 januari 2002 yang jago membuat sketsa dan pernah menjuarai FLS2N cergam 3 tahun yang lalu mengatakan bersama rekannya Steven Hagai kelahiran 17 september 2001 yang juga jawara futsal NJ Cup 2016 kemarin mendapatkan serangkaian latihan kepramukaan untuk persiapan mewakili perkemahan Jambore Nasional agustus mendatang. "2 tahun kami berturut-turut meraih juara umum LLG dan mendapat piala bergilir, agar piala bergilir ini menjadi permanen milik kami, maka oktober mendatang kami harus meraih lagi juara umum LLG. Untuk perwakilan Jambore Nasional agustus mendatang kami mendapatkan serangkaian pelatihan dari 4 pembina kwarcab kota batam, yaitu dari kak taufik, kak jujuk, kak lilis dan kak deni, pelatihan itu dilaksanakan di Sanggar Pramuka sekupang, dan sudah 2 kali kami mendapat pelatihan yaitu tanggal 7 april pukul 15.00 - 18.00 dan tanggal 17 april pukul 09.00 - 15.00, pelatihan yang sudah kami dapat kemarin itu adalah pbb tongkat dan pembentukan regu, dan nanti tanggal 24 april kami akan mendapat pelatihan yel-yel dan pbb, tanggal 1 mei latihan pbb,tali temali dan pioneering, tanggal 7 dan 8 mei kami pelatihan kemahnya," terang Elma. Untuk persiapan diri sendiri, steven menambahi mereka lebih intensif mempelajari materi dan pembelajaran sikap perilaku sehari-hari. "Untuk jambore 1 regunya kami terdiri dari 8 orang, sedangkan waktu kami mendapat juara umum LLG,1 regu kami berjumlah 10 orang dan kami memenangi nilai tertinggi dari 26 kategori lomba saat itu,"ujarnya.
Sedangkan untuk juara tingkat kwarran batu ampar persami kemarin, Sulton kelahiran 5 november 2001 yang merupakan pimru regu putra mengatakan mereka memenangi 14 kategori lomba dengan nilai tertinggi. "Lomba itu antara lain pentas seni, morse, semaphore, KIM, PUPK, Pioneering, PBB, tali temali, hasta karya, memasak, sandi, yel-yel, kerapian tenda dan hiking. Kemarin kami 1 regunya berjumlah 11 orang, persiapan sebelum persami, kami latihan regulernya tiap hari rabu dan sabtu pukul 13.30 - 16.00, sedangkan latihan seniornya tiap hari pukul 14.00, sedangkan persiapan latihan pensinya 5 hari,persiapan teknis semuanya cuma 2 hari," kata Sulton diamini Rosia yang merupakan pimru regu putri kelahiran 10 september 2001, seraya mengatakan pembina pramukanya ada 5 orang antara lain Franz Hasugian, Isnaini,Mamik Puji, Widi Aditya dan Elfi Satriani.

Elfi Satriani, salah satu dari pembina tersebut mengatakan salah satu kriteria regu pramuka bisa terpilih untuk mewakili Jambore Nasional adalah dinilai dari kecakapan mereka dalam penguasaan materi kepramukaan saat seleksi. "Selain mereka terbukti dari berhasil meraih juara umum 2 tahun berturut-turut, saat seleksi jambore, mereka lolos kecakapan materi pramuka, mudah-mudahan dengan prestasi yang sudah diraih, mereka dan generasi berikutnya adik kelas mereka bisa mempertahankan prestasi ini dan kalau bisa ditingkatkan lagi,"harapnya.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post