Jumat, 15 April 2016

Studi Banding MAN 2 Batam ke Jakarta




BATAM (SP) - Untuk menambah wawasan siswa dalam hal kepengurusan OSIS maupun penerapan sistem belajar, sekaligus refreshing, siswa siswi MAN 2 Batam melaksanakan studi banding ke beberapa tempat di ibu kota negara, Jakarta, selama 4 hari 3 malam, 29 Maret - 2 April 2016 menetap di Graha Wisma Ragunan Jakarta. Mereka yang terdiri dari 25 kepanitiaan OSIS MAN 2 Batam, yaitu Sumriamin Rambe, Randy Suryadi, Betari Erlinda, Beryl, Lia Mariska, Rizal Muttaqien (Zaki), Siti Nur Hafizah, Putri Nira, Rizki Sepja, Habiburrahman, Panji Wahyudi, Sergi, Hasanah, Nikbayu, Agus Triwandi,Fitri Pangestu, Ahmad Muzaki, Zulfan, Armando, Annida, Samsul, M. Zidane, Andik Zulfikar, Serri Oktaviani dan Taufik Rahman beserta kepala sekolah MAN 2 Batam Mulyanto mengunjungi 9 tempat, hari pertama 30 maret berkunjung ke SMA unggulan MH. Thamrin Jakarta, MAN 4 Jakarta, Kemenag RI, UIN Syarif Hidayatullah Jakpus, RRI, Media Indonesia, Metro TV, Dufan dan Thamrin City.

Rambe, siswa MAN 2 Batam kelas XI MIA saat ditemui tim Suara Pendidikan (14/4) mengisahkan studi banding mereka. "Hari pertama kami berkunjung ke SMA MH. Thamrin, disana kami mendapatkan pengetahuan sistem oranisasi OSIS yang berbeda dari sekolah kami, dari kepengurusannya, sistem belajarnya, dan orientasi mereka yang menjurus ke sains, sistem mereka lebih terkoordinir ke Sains sehingga menjadikan mereka sekolah mereka unggulan di sains. Lalu kita mengunjungi MAN 4 Jakarta yang mana sistem keorganisasian OSIS mereka dan penerapan sistem belajarnya hampir sama dengan kita, namun bedanya guru, jam belajar yang lebih panjang karena ada asrama dan fasilitas disana sangat komplit dan mendukung. Lalu kita bersilahturahmi ke Kemenag RI dan di sambut oleh ibu Ida, dan kami curhat kepada baliau perihal status sekolah kami yang belum permanen sebagai MAN 2 Batam,dimana sekolah kami masih berstatus MAN unit baru sekolah filial MAN Batam,  tentang organisasi dan event yang kami selenggarakan sehingga kedepannya ada upaya nanti dari Kemenag untuk pembahasan lahan buat pembangunan kampus," terang Rambe.

Dihari kedua, rombongan berkunjung ke UIN Syarif Hidayatullah untuk mengetahui fasilitas dan penjurusan perkuliahan disana. "Lalu kami berkunjung juga ke RRI dan media indonesia dan mempelajari tentangbdunia jurnalistik, lalu menuju ke metro TV untuk melihat secara live talk show kick andy yang saat itu mewawancarai menteri susi puji astuti dengan tema kartini masa kini. Dan hari ketiga kami refreshing ke Dufan dan thamrin city sebelum esoknya kami kembali ke batam," lanjut Rambe. Dia mengatakan sebetulnya rombongan sudah dinanti di DPR RI untuk silahturahminya sesaat setelah dari RRI. "Bapak Nyat Kadir dan Hardi S Hood sudah bersiap disana menyambut kami saat itu, namun keterbatasan waktu kami tak jadi kesana,"kisahnya.


Dan memilih jakarta sebagai studi banding, Rambe menimpali bahwa saat ajang ISLC-UI untuk pemilihan forum OSIS Nusantara, disitu terpilih salah satu siswa SMA MH. Thamrin sebagai ketua OSIS nya. "Makanya kami memilih berkunjung kesana untuk mengetahui lebih jauh bagaimana kepengurusan OSIS yang bagus. Dan sekarang kami mempunyai lebih banyak wawasan dan ide bagaimana memajukan kepengurusan OSIS kami hingga mudah-mudahan kami bisa lebih maju,"tutupnya.(dian) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post