Rabu, 18 Mei 2016

Lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat propinsi kepri 2016



BATAM (SP) - Kembali lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) digelar, kali ini untuk tingkat propinsi kepri yang digelar selama 3 hari, hari selasa (17/5) hingga kamis (19/5). Acara dibuka oleh Plt Sekda propinsi Kepri Drs. Reni Yusneli di atrium Kepri Mall selasa (17/5) pukul 19.30 yang dihadiri oleh perwakilan FKPD propinsi Kepri, perwakilan DPRD propinsi Kepri serta sejumlah pejabat SKPD terkait, LAM, perguruan tinggi, kepala sekolah SMA/SMK, dan juga beberapa dudi kota Batam.
Dalam sambutannya, Reni Yusneli mengatakan setiap tahunnya kalau bisa jumlah peserta TTG bisa meningkat. " inovasi teknologi  bisa menjadi efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan di masyarakat, dan campur tangan pemerintah sangat membantu terlaksananya TTG ini sehingga segala kendala yg timbul di masyarakat seperti keterbatasan modal, faktor geografis bisa teratasi,"ungkap Reni.
Dan dari TTG ini, Reni mengharapkan TTG jangan hanya berhenti sebatas inovasi semata. " namun bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan dari wilayah atau kabupaten lain diharapkan juga melaksanakan lomba semacam ini, karena ide brilian siswa dan masyarakat sangat banyak, namun karena ajang tak ada, maka lomba inovasi ini tidak terselenggara, kedepannya diharapkan semua wilayah bisa melaksanakan kegiatan ini. Pemenang di tingkat propinsi ini akan menjadi Duta propinsi kepri di tingkat nasional, yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang di NTB,"tutupnya seraya mengatakan lomba inovasi TTG propinsi kepri resmi ia buka.
Usai sambutan, Reni beserta seluruh jajaran SKPD, DPRD Propinsi Kepri, perwakilan dari LAM, perguruan tinggi dan SMA/SMK membuka lomba inovasi dengan pemencetan bel, penyematan tanda peserta TTG yang dilakukan Reni kepada perwakilan peserta serta foto bersama dengan beberapa perwakilan peserta TTG.
Usai acara pembukaan, ketua pelaksana kegiatan lomba inovasi TTG tingkat propinsi Kepri, Ir. Bertha de jorisal, MM mengatakan bahwa kegiatan ini sudah kali kelima agenda tahunan dari LPM propinsi kepri sebagai lanjutan dari lomba inovasi TTG tingkat kota Batam yang digelar oleh LPM kota Batam beberapa waktu lalu. "Acara ini merupakan program dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat propinsi Kepri yang bertujuan untuk percepatan alih teknologi kepada masyarakat, dan diikuti oleh 117 peserta dari 7 kabupaten/kota di propinsi Kepri, yang terdiri dari pelajar SMA/SMK, perguruan tinggi, posyantek dan masyarakat umum.
Kemarin yang lolos TTG tingkat Kota dan maju ke tingkat propinsi hari ini ada 30 produk, yang berasal dari tanjung pinang 6 produk, batam 7 produk, bintan 2 produk, karimun 4 produk, natuna 1 produk, lingga 7 produk, dan kepulauan anambas 3 produk. Nanti pemenang lomba terdiri dari juara 1 - 3 dan juara harapan 1-3 dan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan total Rp. 60 juta, dengan rincian juara 1 Rp. 17 juta, juara 2 Rp. 14 juta, juara 3 Rp. 11 juta, juara harapan 1 Rp. 8 juta, juara harapan 2 Rp. 6 juta, juara harapan 3 Rp. 4 juta. Dan mereka akan diikutkan pada gelar TTG Nasional XVIII dibulan November di NTB. Tujuan dan harapannya adalah untuk percepatan alih teknologi kepada masyarakat, dalam rangka mengembangkan kreatifitas masyarakat untuk menciptakan TTG serta menjaring teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ulas Bertha.(dian)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post