Senin, 29 Agustus 2016

Kepsek SDN 03 Bengkong Harapkan Rolling sekaligus Penambahan Tenaga Guru



BENGKONG (SP) - Ternyata wacana Disdik mengenai rolling guru memang perlu  dilakukan. Terbukti di beberapa sekolah, guru yang mengabdi di sebuah sekolah sudah mencapai belasan hingga puluhan tahun. Termasuk di SDN 03 Bengkong.
Ria Murti,SPd,SD, kepsek SDN 03 Bengkong kepada suarapendidikan yang menemuinya senin (29/8) mengatakan jumlah total guru di sekolahnya sebanyak 22 orang, terdiri dari 17 orang karyawan PNS dan 5 orang honorer pemko. "Dan di tempat saya ada 3 orang guru yang mengabdi disini mencapai puluhan tahun yaitu Resmawati yang mengabdi 25 tahun dari tahun 1991, Jafar dan Ramita yang mengabdi selama 20 tahun sejak tahun 1996, itu semua PNS, ada juga 1 orang guru yang sudah 13 tahun mengabdi masih berstatus honorer, yang lain juga sama rata-rata sudah mengabdi hingga belasan tahun disini, hanya 5 orang saja termasuk saya yang dibawah 10 tahun,"ungkap Ria.
Dia menyetujui wacana rolling guru mengingat kesemuanya sudah terlalu lama mengabdi di SDN 03 Bengkong.
"Sangat perlu rolling untuk penyegaran suasana, sekaligus bersosialisasi antar guru dan sekolah, wawasan lebih bertambah, agar siswa juga tidak jenuh, mengabdi diatas 10 tahun sudah wajar di rolling, dengan catatan memperhatikan tempat tinggal mereka, paling tidak kalau memindahkan antar gugus saja tidak terlalu jauh, jadi tidak menghambat supaya cepat sampai di sekolah, karena rata-rata guru tinggal di kawasan Bengkong, "kata Ria.
Ditambahkannya rolling inipun sekaligus meminta penambahan tenaga guru. "Kita kekurangan tenaga guru disini, minimal ditambah 2 orang untuk guru kelas, 2 guru saya berdayakan mengajar paralel dari kelas rendah, 1 orangnya mengajar dobel rombel, sekolah memiliki 3 shift waktu hingga pukul 17.15 , karena keterbatasan ruang, sekolah memiliki 9 ruangan diisi 17 rombel, 3 rombelnya memakai kelas yang sama, kita sudah konfirmasi ke dinas tentang menambah guru namun belum ada jawaban,"ulasnya.
Diharapkannya dengan rolling guru ini memotivasi untuk guru lebih kreatif, inovatif, tidak monoton dalam mengajar. "kiat saya menghadapi guru baru adalah mempelajari dan memahami karakter masing-masing guru dengan menggali informasi dari tempat mereka mengajar sebelumnya, jadi tahu solusi apa yang akan di berikan dan memahami bagaimana menghadapi guru baru tersebut kedepannya,"ujarnya.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post