Senin, 29 Agustus 2016

Persiapan Qurban SD Muhammadiyah Plus


BATAM (SP) - Bagi SD Muhammadiyah Plus, momen Idul Adha dijadikan momen berkurban hingga ke pelosok pulau di sekitaran pintu 1-5 jembatan Barelang Batam. Bahkan porsi kurban yang diberikan ke pulau lebih banyak daripada yang di Batam sendiri.

Dikatakan oleh kepsek SD Muhammadiyah Plus, Aden Yusuf Maulana bahwa tiap tahun idul adha sekolah mendistribusikan daging kurban hingga 200-300 kupon ke pulau dan panti asuhan. "Untuk masyarakat sekitar sekolah kita distribusikan sebanyak 100-150 kupon. Sisanya sesuai dengan perolehan daging akan didistribusikan ke pulau atau panti asuhan sebanyak 200-300 kupon. Pelaksanaan kurban dilaksanakan 2 hari, senin dan selasa 12-13 september 2016,  hari pertama setelah shalat ied di sekolah, hari kedua prosesi kurban dimulai pukul  08.00 sekaligus pemberian motivasi dan pembelajaran berkenaan dengan kurban dan makan bersama. Hari pertama itulah daging kurban didistribusikan ke masyarakat sekitar, hari kedua didistribusikan ke pulau dan panti asuhan, panitia kurban adalah gabungan dari sekolah dan komite SD dan SMP Muhammadiyah Plus,"jelas Aden kepada suarapendidikan senin (29/8).

Hingga hari ini, persiapan kurban masih berbentuk penggalangan dana. "Tanggal 7 september nanti baru akan diakumulasi semua dana, dari siswa, guru, orang tua, komite, dan yayasan, dan akan dibelanjakan pada saat itu. Tahun lalu kita memperoleh 4 ekor sapi dan 18 ekor kambing juga didistribusikan di sekitaran pulau di pintu 1-5 jembatan barelang.

Gerakan kurban ini adalah swadaya dari siswa SD dan SMP Muhammadiyah plus yang dikoordinir langsung oleh komite kelas  sejak 22 agustus lalu. Harapannya, untuk siswa agar menumbuhkan jiwa kedermawanan dan peduli sesama khususnya dalam ibadah kurban,"pungkas Aden.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post