Kamis, 25 Agustus 2016

Siswa penerima program KIP SDN 09 sagulung


SAGULUNG (SP) - Program pemerintah Kartu Indonesia Pintar (KIP) di lingkungan sekolah sudah berhasil dirasakan manfaatnya. Di SDN 09 Sagulung, sebanyak 120 siswa dari kelas 1-6 telah menerima sejumlah uang tunai dari program tersebut.

Dikonfirmasi suarapendidikan, kamis (25/8) kepsek SDN 09 Sagulung Rusli M. Nur mengatakan pemberian program ini diberikan kepada siswa kelas 1 dengan nominal Rp. 225.000 untuk per semester,  sedangkan siswa kelas 2-6 nominalnya Rp. 450.000 diberikan untuk 2 semester.

"Sosialisasi kepada orang tua tentang KIP ini saya laksanakan sebulan lalu, semua orang tua saya undang ke sekolah untuk diberikan pengarahan tentang KIP bahwa bagi yang menerima program ini bersyukur, sedangkan yang belum dapat diharapkan untuk bersabar menunggu kabar data dari pusat, untuk menghindari kecemburuan sosial bagi yang belum menerima,"ujar Rusli.

Data penerima KIP siswa, lanjut Rusli, sekolah mendapatkannya dari disdik. "pencairan dana untuk data per 19 april 2016 dibulan mei lalu di BRI, sekolah melampirkan surat keterangan yang menyatakan siswa tersebut masih aktif sebagai siswa SDN 09 sagulung, yang didalamnya terdapat nomer virtual KIP yang berfungsi sebagai PIN pencarian uang di bank, lalu orang tua melampirkan fotokopi rapor bagian depan, KTP, dan KK. Disdik juga menginfokan agar apabila siswa sudah tamat/pindah, sekolah harus menghubungi orang tua siswa yang bersangkutan. " jika tak bisa dihubungi maka uang tersebut akan dikembalikan ke kas negara,"terang Rusli.

Program KIP berbentuk uang tunai ini kata Rusli bermanfaat. "Hanya saya rasa lebih bermanfaat dan lebih tepat sasaran bila dirupakan peralatan sekolah dan kebutuhan sekolah siswa senilai sama dengan tunai yang diberikan, karena berbentuk uang tunai justru akan dimanfaatkan diluar kebutuhan sekolah siswa,"tutupnya.(dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post