Sabtu, 09 April 2016

PENTINGNYA MOTIVASI BAGI SISWA


Sagulung (SPKB) Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri(pribadi) seseorang, yang di tandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai suatu tujuan.Tugas seorang guru bukan hanya menyelenggarakan kegiatan mengajar, meneliti, mengembangkan, dan mengelola suatu lembaga pendidikan khususnya peserta didik. Guru pun bertanggung jawab dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik. sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Seorang guru bertanggung jawab agar pembelajaran berhasil dengan baik, keberhasilan dalam proses belajar mengajar bergantung pada upanya guru dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik.

Motivasi sangat penting dalam kegiatan berajar mengajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebalaiknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar. seorang siswa yang belajar tanpa motivasi atau kurang motivasi, tidak akan berhasil dengan maksimal. Disaat proses belajar mengajar berlangsung, guru tidak hanya terpaku pada materi pembelajaran saja. guru harus menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik,guru pun menjelaskan mengenain tujuan yang akan dicapai sisiwa. Tidak cukup sampai di situ saja, tapi guru juga bisa memberikan penjelasan tentang pentingnya ilmu yang akan sangat berguna bagi masa depan peserta didik itu sendiri. Makin jelas tujuan, maka makin besar pula motivasi dalam belajar.


Guru harus memberikan perhatian maksimal ke peserta didik, khususnya bagi peserta didik yang secara prestasinya tertinggal oleh peserta didik lainnya. guru di tuntut untuk bisa lebih jeli terhadap kondisi peserta didiknya. Semoga di zaman serba canggih ini tidak ada guru yang lupa untuk memberikan motivasi kepeda peserta didiknya karna efeknya sungguh sangat besar bagi perkembangan siswa tersebut, dengan semakin banyak guru memberikan motivasi maka suasana kelaspun akan semakin semarak. Dengan banyak memberikan  motivasi belajar terhadap peserta didik maka tujuan yang diinginkan oleh guru itu sendiri maupun peserta didik akan mudah tercapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan.(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post